Antisipasi Klaster Sekolah, SMP Negeri 2 Yogyakarta Menyelenggarakan Tes Swab Pcr Acak Bagi Siswa, Guru, dan Karyawan

Tak kurang 67 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX serta 10 orang guru dan karyawa SMP Negeri 2 Yogyakarta melakukan tes swab PCR secara acak, Jumat (26/11). Jumlah tersebut berdasarkan jumlah 10% dari keseluruhan warga sekolah.  Kegiatan ini juga untuk melihat perilaku siswa dan guru selama PTM disekolah saat pandemi, sehingga kedepannya bisa melaksanakan PTM 100%. Kegiatan ini bekerjasama dengan Puskesmas Kemantren Gondomanan dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

“Selain kita harus tetap melakasanakan prokes 5M, kita harus bersyukur pemerintah sudah memperbolehkan PTM 50%. Hal ini merupakan obat bagi kita dalam pembelajaran. Hari ini kita akan melakukan tes swab PCR dan mendapatkan hasil negative semua, sehingga kedepannya bisa melaksanakan PTM 100%” jelas Widayat Umar, S.Pd., M.Pd.Si. selaku Kepala Sekolah SMP N geri 2 Yogyakarta Ketika sambutan.

Selain itu kegiatan ini juga dihadiri kepala puskesmas Kemantren Gondomanan, Kasi Prokes Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Babinsa, dan Koramil.

“Terima kasih kepada pihak sekolah yang telah bersedia bekerjasama dalam pelasanaan tes swab PCR. Para siswa tidak perlu takut Ketika di tes swab PCR, tes ini tidaklah sakit dan cepat prosesnya,” terang dr. Fajar Meitaharti, selaku Kepala Puskesmas Kemantren Gondomanan saat sambutan.

Kegiatan tes swab PCR dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimulai dari masuk mencuci tangan, mengecek suhu tubuh, dan menjaga jarak. Siswa yang menjalani tes swab PCR sudah mendapatkan izin dari orang tua/wali.

Untuk mengurangi ketakutan siswa Ketika di tes swab PCR drg. Arumi Wulansari, MPH selaku Kasi Prokes Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melakukan ice breaking dengan yel-yel siswa.

“Walaupun persentase kasus Covid-19 sudah menurun, tetap saja kita harus wajib menjaga Prokes 5M dimanapun berada terutama saat PTM di sekolah,” kata drg Arumi Wulansari MPH, selaku Kasi Prokes Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Lebih lanjut Arumi membuat kuia pa itu kepanjangan 5M kepada siswa dan akan memberikan reward berupa uang Rp. 100.000,- apabila siswa tersebut bisa menjawab dengan benar.

penulis – noviaviaviaw